Karomani Dijatuhi Vonis 10 tahun Penjara dan Harus Bayar Uang Pengganti Rp8 Miliar

- Jumat, 26 Mei 2023 | 13:05 WIB
Mantan Rektor Unila  Karomani dijatuhi vonis 10 tahun penjara dan denda Rp400 juta serta uang pengganti Rp8 M. (MS Amri/Sinarmerdeka.id)
Mantan Rektor Unila Karomani dijatuhi vonis 10 tahun penjara dan denda Rp400 juta serta uang pengganti Rp8 M. (MS Amri/Sinarmerdeka.id)

BANDAR LAMPUNG, sport.suaramerdeka.com - Majelis hakim Pengadilan Tiikor Tanjungkarang Bandar Lampung menjatuhkan vonis 10 tahun penjara kepada Karomani, mantan Rektor Unila Lampung.

Selain mendapatkan hukuman penjara karena terbukti menerima suap dalam penerimaan mahasiswa baru (PMB), Karomani juga dipidana denda Rp400 juta, atau jika denda itu tidak dibayar, maka diganti dengan kurungan 4 bulan penjara.

Vonis itu dibacakan dalam sdang yang dipimpin Lingga Setiawan sebagai hakim ketua, dan Aria Veronia dan Edi purbanus, sebagai hakim anggota pada, Kamis, 25 Mei 2023.

Baca Juga: Bursa Transfer: Bek Rans Nusantara FC Merapat ke Dewa United

Baca Juga: Gus Fuad Plered Ingatkan Pribumi Jangan Mau Diperbudak Oknum Habib

“Mengadili, menjatuhkan kepada terdakwa pidana kurungan penjara selama 10 tahun dan pidana denda sebesar 400 juta rupiah, dengan ketentuan apabila pidana denda tersebut tidak dibayar, maka diganti pidana kurungan 4 bulan penjara,” kata Hakim Ketua Lingga Setiawan, dalam sidang dikutip dari PMJ News.

Majelis hakim juga membebankan kepada terdakwa Karomani membayar uang pengganti sebesar Rp8.075.000.000, yang wajib dibayarkan paling lama satu bulan setelah putusan mendapat kekuatan tetap atau inkrah.

Jika tak dibayarkan, maka harta benda, terpidana akan disita oleh jaksa untuk disita dan dilelang guna menutupi uang pengganti tersebut.

“Dan apabila harta benda tidak mencukupi menutupi pidana pengganti, maka akan dipidana penjara selama 2 tahun,” terangnya,

Majelis Hakim telah mempertimbangkan hal-hal yang memberatkan dan meringankan karomani.

Hal yang memberatkan yakni sebagai seorang rektor tidak mendukung program pemerintah dalam memberantas tindak pidana korupsi.

Baca Juga: MUI Protes Tersangka Penipuan Jastip Tiket Coldplay Kenakan Jilbab

 

Baca Juga: Sudah Beri Kode Bukan Persis Solo, Ini Klub Ryo Matsumura Musim Depan

Halaman:

Editor: Arif Purniawan

Tags

Terkini

X