image

SM/dok - PASAR SEMAWIS : Suasana Pasar Semawis di Kelurahan Kranggan yang ramai dikunjungi masyarakat untuk menikmati aneka kuliner, belum lama ini. Rencananya Pasar Semawis akan diperluas agar semakin menarik wisatawan.(72)

14 Januari 2018 | Fokus Jateng

Wilayah Pasar Semawis Diperluas

SEMARANG TENGAH- Kelurahan Kranggan memfasilitasi upaya memperluas wilayah Pasar Semawis ke jalan-jalan sekitar. Hal itu untuk menarik lebih banyak wisatawan, terlebih saat perayaan Imlek.

Sekretaris Kelurahan Kranggan, Riyanto, kemarin mengatakan, pihaknya mendorong masyarakat seluruh Kelurahan Kranggan untuk terlibat dalam meramaikan Pasar Semawis. Upaya perluasan titik Pasar Semawis dilakukan dengan menata pedagang kaki lima (PKL) di kawasan sekitar seperti di Gang Pinggir. PKL ditata menjadi satu kesatuan agar terlihat rapi dan indah.

’’Nanti perayaan melibatkan peran serta masyarakat. Kelurahan mendorong itu agar tidak hanya komunitas Pasar Semawis saja yang berperan meramaikan destinasi wisata Semarang ini. Artinya, saya ajak seluruh warga Kelurahan Kranggan. Untuk memperluas titik Pasar Semawis,’’katanya. Kelurahan Kranggan yang sebagian wilayahnya adalah Pecinan berpotensi besar terus memajukan destinasi wisatanya.

Dalam hal ini pemberdayaan ekonomi masyarakat lewat destinasi wisata Pasar Semawis tersebut. ’’Masyarakat itu butuh empati, ingin diberdayakan. Makanya kita dorong terus. Mereka dapat ikut berjualan di wilayah Pecinan yang sedang kita usahakan agar dapat diperluas titiknya,’’ urainya. Untuk menunjang kelurahan sebagai destinasi wisata, akan ada upaya pembenahan wilayah.

Contohnya yang sedang diusahakan adalah membuat mural di bangunan-bangunan sekitar Kali Semarang, yakni di Jalan Inspeksi, sepanjang sekitar 900 meter, dari titik utama Jembatan Wotgandul sampai Jembatan Kapuran. ’’Adapun untuk proses di lapangan, kita upayakan menggandeng pemangku kebijakan dan keterlibatan pengusaha di kawasan Pecinan. Ada dari yayasan Kebondalem, komunitas pasar semawis, para tokoh agama, masyarakat dan para pengusaha,’’jelasnya.(daz-72)

Berita Lainnya