image
14 Januari 2018 | Ikapesta

Tata Cahaya Mempercantik Pesta

  • Oleh Dhaneswari Tiara

Tata cahaya atau lighting sudah menjadi bagian penting dalam elemen pendukung pesta. Selain menjadi penerang, lighting berfungsi sebagai penambah estetika pesta. Tata cahaya yang diarahkan dengan tepat ke dekorasi atau panggung dapat menjadikannya megah nan indah.

Tak sampai di situ, lighting yang fokus pada seseorang dapat menjadikan orang tersebut menjadi pusat perhatian. Hal ini sering kali diterapkan dalam pesta pernikahan dan pergelaran musik. Pentingnya fungsi lighting ini tentu menjadikan proses pemilihan vendor lighting menjadi krusial.

Agar tak salah langkah, tiga vendor lighting di Semarang ini dengan senang hati membagikan pengalaman berharga terkait tata cahaya. Kenley Reynaldo, lighting designer dari Master Lighting yang berada di Jalan Sri Rejeki Dalam Raya No 60 Semarang sejak 2006 ini menyarankan untuk memilih vendor lighting yang mengetahui kebutuhan klien.

“Pilih vendor lighting yang memiliki kemampuan untuk mengarahkan dengan tepat kebutuhan spesifikasi lighting dalam sebuah acara, bukannya memaksa klien untuk memilih spesifikasi tinggi. Yang menjadi indikator penentu spesifikasi lighting adalah tema dan konsep acara. Tema akan menentukan bagaimana cahaya dapat menciptakan suatu atmosfer atau suasana, karena para tamu harus dapat merasakan dengan tepat apa yang hendak ingin mereka rasakan.

Sementara konsep akan menentukan jumlah kebutuhan lighting yang akan digunakan untuk mendukung setiap sequence dalam acara tersebut,” jelas Kenley yang berpengalaman dalam penataan cahaya segala acara ini. Vendor yang memiliki website www.masterlightingid. com ini mengatakan, lighting tak hanya berfungsi sebagai penerangan.

“Bagi kami, fungsi lighting bukan hanya sebagai penerangan, melainkan juga sebagai unsur pendukung membentuk suasana dalam suatu acara agar sesuai dengan tema. Dengan kata lain, lighting is art. Karean itu, kami berkomitmen untuk terus menciptakan suasana indah dalam setiap acara. Karena kami percaya setiap acara itu berharga dengan caranya sendiri, sehingga kami selalu menciptakan sesuatu yang berbeda pada masing-masing acara yang kami tangani,” ungkap Kenley.

Jangan Terkecoh Harga

Benyamin Yosa, manager marketing dari Techno Lighting yang berada di Jalan Tumpang 1/49 Semarang ini menyarankan agar klien tidak terkecoh dengan harga murah. “Jangan terkecoh dengan harga murah yang ditawarkan, namun perhatikan kualitas. Jangan terkecoh juga dengan jumlah spesifikasi yang ditawarkan, karena jumlah tidak menjamin kualitas dan keselarasan. Pengalaman, ini yang menurut kami paling penting.

Karena dari pengalaman kita akan mengerti sebuah value, karena dari pengalaman kita juga akan mengerti sebuah taste. Karena lighting itu tidak selalu terang, karena lighting itu adalah rasa,” ungkap Benyamin yang menyediakan produk dengan spesifikasi dan variasi terkini. Benyamin menambahkan, “Lighting dapat membangun suasana sesuai dengan mood yang ingin ditampilkan dari setiap pergelaran.

Selain itu juga dapat menjadikan dekorasi jauh lebih hidup, tanpa lighting dekorasi akan terlihat hambar.” Techno Lighting memiliki website www.technolightingpro.com yang menawarkan berbagai peralatan tata cahaya untuk beragam kebutuhan pesta. Sementara, Lunar Etcetera Lighting yang diwakili oleh sang lighting designer Reza Trianto Budiawan dan beralamat di Perum Graha Mas C2 Semarang menyarankan untuk melihat portofolio setiap vendor.

“Lihat dulu di instagram atau web vendor untuk melihat hasil yang dipajang sesuai dengan selera. Mintalah referensi dari dekorator, vendor foto atau video, dan sahabat yang pernah memakai jasa lighting agar makin yakin dalam memilih vendor lighting yang tepat. Yang terpenting jangan tergiur dengan kata-kata dari vendor secara mentahmentah,” saran Reza yang memiliki akun instagram @reza.lunar_ligthing ini. Reza juga menambahkan fungsi pemakaian lighting dalam sebuah pesta.

“Pentingnya lighting membuat kami bekerja sesuai dengan tema dan memastikan semuanya good looking, menyediakan alat-alat lighting lengkap berstandar internasional, dan Lunar Etcetera Lighting sudah banyak direkomendasikan oleh dekorator. Karena kami meyakini berkat lighting dekorasi akan terlihat lebih mewah dan elegan apabila menggunakan tata cahaya yang disesuaikan dengan penempatan, warna, tema, dan kebutuhan dekorasi itu sendiri. Dokumentasi pun akan terlihat jauh lebih indah dengan bantuan lighting,” tutup Reza.(58)