image

Foto: BMKG

14 Januari 2018 | 16:24 WIB | Semarang Metro

Awas! Perairan Utara dan Selatan Jawa Dikepung Gelombang Tinggi

SEMARANG, suaramerdeka.com -Badan Meterologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Jawa Tengah merilis peringatan dini angin kencang dan gelombang tinggi pada Minggu (14/1)-Senin (15/1). Dilansir dari @bmkg_semarang, terjadi peningkatan kecepatan angin di beberapa wilayah perairan di Indonesia. 

Kecepatan antara 28 km/jam-46 km/jam berpeluang terjadi di perairan utara Jawa dan perairan selatan Kalimantan. Peningkatan kecepatan angin ini berdampak pada meningkatnya tinggi gelombang di beberapa perairan.

Tinggi gelombang 1.25-2.5 meter dengan kecepatan angin 12 km/jam-19 km/jam berpeluang terjadi di perairan selatan Kalimantan dan perairan utara Jawa Tengah. Sementara tinggi gelombang 2.5-4.0 meter dengan kecepatan angin 20 km/jam-49 km/jam berpeluang terjadi di Laut Jawa bagian tengah.

Selain itu, peringatan dini gelombang tinggi juga dikeluarkan untuk sejumlah perairan di selatan Jawa. Tinggi gelombang 4.0-6.0 meter berpeluang terjadi di perairan selatan Cilacap, Kebumen, Purworejo, dan Yogyakarta. Kemudian Samudera Hindia Selatan Cilacap, Kebumen, Purworejo, dan Yogyakarta. Peringatan dini berlaku hingga Senin (15/1) pukul 07.00 WIB.

(Fadhil Nugroho Adi /SMNetwork /CN41 )