image
12 Januari 2018 | 11:23 WIB | SOULUTION

Inilah yang Terjadi Pada Tubuh Saat Kesemutan

EKSPRESI– Setelah duduk lama, pernah nggak kaki merasa kesemutan dan sulit buat digerakan. Alhasil, jalan jadi agak pincang gara-gara kesemutan ini. Nah, kesemutan atau dalam bahasa medis yang disebut parestesia, terjadi karena ada aliran darah yang terhenti dari pembuluh darah ke titik syaraf tertentu pada bagian kaki dan tangan. Aliran darah ini terhenti karena bagian tubuh, seperti kaki dan tangan, terlalu lama tertekan.

Biasanya, kesemutan sering terjadi pada saat kita terlalu lama duduk bersila, memangkukan kepala pada tangan, tidur dengan meletakan kepala di atas lengan, atau bahkan karena memakai sepatu yang terlalu sempit.

Nggak perlu khawatir, kesemutan cuma bersifat sementara dan hilang dengan sendirinya kalau kita membebaskan area kesemutan dari tekanan. Salah satunya dengan cara meluruskan kaki setelah duduk bersila atau melepaskan tangan yang tertindih. Nggak hanya karena tekanan saja, penyebab kesemutan sementara bisa juga disebabkan oleh dehidrasi dan hiperventilasi, yaitu kondisi pada saat kita bernapas terlalu cepat.

Eits, walaupun Cuma berisifat sementara, tapi bisa menjadi bahaya kalau kita sering merasakan kesemutan. Efek atau bahaya yang paling buruk dari sering menekukkan bagian tubuh dan menyebabkan kesemutan adalah saraf bakal rusak. Kalau saraf ini rusak, dampak buruknya seseorang akan mengalami kelumpuhan pada telapak tangan atau kaki yang sering disebut dengan drop foots. Bahkan pada saat posisi normal pun kita akan selalu merasakan kesemutan.

Selain itu, penyebab lain kesemutan bisa juga dikarenakan kekurangan vitamin neurotropik, yaitu vitamin B1, B6, dan B12. Tapi kalau kesemutan sering banget terjadi dan susah hilang, mungkin ada indikasi penyakit lain, seperti gejala anemia, diabetes, sindrom syaraf (lumpuh pada bagian saraf ulnaris, peroneal, dan syaraf radial), berbagai penyaki kerusakan organ dalam, seperti hati, ginjal, kerusakan pembuluh darah.

Foto: berbagaisumber

(Adib Auliawan /SMNetwork /CN42 )